headimage
Robert Pakpahan

Robert Pakpahan, Direktur Jenderal Pajak, Kementrian Keuangan RI

Latar Belakang

Kenaikan harga batubara pada saat ini merupakan momen yang tepat kepada Direktorat Jenderal Pajak untuk menjalin komunikasi langsung dengan para pengusaha tambang batubara yang beroperasi di Indonesia. Di satu pihak, para pengusaha sangat berkeinginan untuk mendengarkan secara langsung bagaimana arah kebijakan perpajakan, khususnya menyangkut perpajakan sektor tambang di Indonesia. Di lain pihak, Direktorat Jenderal Pajak perlu menjelaskan arah perpajakan serta usaha usaha yang akan diterapkan di sektor pajak pertambanagan. Pada pertemuan ini Direktorat Jenderal Pajak dapat menginformasikan arah kebijakan perpajakan Indonesia yang menyangkut industri pertambangan seperti PPN, PPh, Potput, tax audit dan lain lain.

Dengan demikian Direktorat Jenderal Pajak mendapat masukan dari para pengusaha tambang sehingga keputusan atau peraturan perpajakan tambang akan memenuhi harapan kedua belah pihak. Dengan demikian, target penerimaan pajak dari sektor ini sesuai dengan harapan kita bersama.

Atas permintaan para pengusaha tambang, pertemuan seperti ini sudah pernah dilakukan oleh Petromindo.com beberapa tahun lalu dan mendapat respon yang sangat baik, baik dari Direktorat Jenderal Pajak maupun pengusaha tambang. Pada pertemuan pertama, Direktur Jenderal Pajak beserta jajaran direkturnya duduk bersama dan berdiskusi secara terbuka dalam suasana kekeluargaan dengan para pengusaha tambang Indonesia. Pertemuan ini dimaksudkan untuk saling mendengar dan memahami masing masing pihak, yaitu pihak regulator perpajakan Indonesiaa dengan wajib pajak.

Maksud dan Tujuan

Pertemuan ini dimaksudkan sebagai forum pertemuan langsung, tatap muka antara regulator pajak dengan wajib pajak, khususnya sektor pertambangan di Indonesia. Pertemuan ini diharapkan bukan hanya sebagai tempat berdiskusi dan bertukar pikiran, namun sebagai tempat saling mengenal satu sama lain sehingga diharapkan Direktorat Jenderal Pajak bisa mencapai target penerimaan pajak dari sektor ini.

Peserta

Acara ini akan diikuti oleh para eksekutif pengusaha tambang batubara di Indonesia dan para praktisi pajak pertambangan seperti: Staf perpajakan, manager Pajak, Finance Controller dan manager, direktur keuangan, Direktur Pengembangan bisnis, konsultan serta pemerhati pajak.

Speakers & Rundown

17.30 – 18.00 Pendaftaran ulang Peserta
18.00 – 18.30 Keynote Speech oleh Bapak Robert Pakpahan, Direktur Jenderal Pajak, Kementrian Keuangan RI
18.30 – 18.4 Kata sambutan dari ketua APBI (Asosiasi Pengusaha Batubara Indonesia)
18.45 – 19.45 Diskusi Panel

Moderator:
Ichwan Soekardi, Partner Tax, RSM Indonesia
Panelis:
Team dari Direktorat Jenderal Pajak
Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI)
Indonesia Mining Association (IMA)
Yustinus Prastowo, Center for Indonesia Taxation Analysis
19.45 – 21.00 Makan malam dan hiburan

Date and Venue


Date : Jumat, 5 April 2019
Time : 18.00 – 21.00 WIB
Venue : The Ritz-Carlton Hotel, Pacific Place, Jakarta
Language : Bahasa Indonesia (simultaneous translation system available)

Investment


Rp.3.500.000,-* / Participant

*) Including Conference Materials, Coffee Breaks, Dinner.

*) Cancellation Fee : 7 days before the event : 80%

Further Information


Telephone : +62-21-2245 8787
Email: [email protected]